Selasa, 20 Maret 2012

Mobil dan Kantor PA Dibakar


LHOKSEUMAWE - Teror terkait pilkada semakin menjadi-jadi. Pada, Senin (19/3) dini hari, dua insiden kebakaran menimpa fasilitas milik Partai Aceh. Di Lhokseumawe, pelaku menyasar satu unit minibus labi-labi milik tim sukses (timses) calon gubernur/wakil gubernur besutan Partai Aceh (PA), Zaini Abdullah/Muzakir Manaf. Sedangkan di Langsa, sasaran pembakaran adalah ruko yang dijadikan PA sebagai kantor sekretariat di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur.

Mobil yang dibakar di Lhokseumawe adalah milik Muhammad Yusuf, anggota PA Kota Lhokseumawe, sekaligus timses pasangan Zaini/Muzakkir (Zikir) dan  calon wali kota/wakil wali kota Lhokseumawe yang diusung PA.

Selama ini di mobil Yusuf tertempel poster yang merepresentasikan dua pasang kandidat yang dia idolakan itu. “Poster calon saya tempel di pintu kiri depan dan kanan serta di bagian depan mobil, sehingga jumlah posternya ada empat,” sebut Yusuf.

Pada malam kejadian, Senin (19/3) sekitar pukul 01.00 WIB, kata Yusuf, mobil yang dia parkir di kawasan Cot Sabong, Desa Uteunkot, Cunda, terbakar sehingga hanya tersisa rangkanya saja. Kasus ini telah dilaporkan Yusuf ke Polres Lhokseumawe.

Menurut Yusuf, mobil itu biasanya dia gunakan sehari-hari untuk mengangkut barang kelontong ke sejumlah pedagang kecil di kawasan Cunda. “Sudah tujuh bulan mobil tersebut saya parkir malam hari di lokasi yang sama. Tapi baru kali ini ada yang membakar,” ujarnya.

Pada malam kejadian, menurutnya, mobil itu dia selimuti dengan kain dan ada sejumlah barang dagangan di dalamnya. Saat kejadian, Yusuf mengaku sedang duduk di warung kopi yang berjarak 500 meter dari lokasi mobil diparkir. Tiba-tiba dia peroleh kabar dari tetangganya kalau mobilnya terbakar. 

Saat tiba di lokasi dia lihat api membakar bagian atas mobilnya. Ini memperkuat indikasi bahwa mobil itu memang sengaja dibakar, sebab sumber api bukan dari bagian mesin atau tangki minyak.

Puluhan warga ikut memadamkan api. Satu unit mobil pemadam kebakaran pun datang kemudian. Tapi kobaran api lebih cepat, sehingga hanya dalam hitungan menit, mobil itu tinggal rangka. Semua barang dagangan Yusuf di dalam mobil itu pun ludes terbakar. 

Menurutnya, tidak ada saksi mata yang melihat dengan jelas berapa jumlah pelaku. Namun, kejadian itu sudah ia laporkan ke Polres Lhokseumawe. Ia juga sudah dimintai keterangan oleh penyidik. 

Saat disinggung apakah sebelumnya ia pernah mendapat ancaman, Yusuf mengaku tidak pernah. Saat ditanya apa kira-kira penyebab mobilnya dibakar, dia menduga karena di mobil itu dia tempel poster kandidat dari PA dan dia pun resmi merupakan anggota timses PA.

Dari Langsa dilaporkan, rumah toko (ruko) yang dijadikan PA sebagai kantor sekretariat di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur dibakar OTK pada Senin sekitar pukul 05.15 WIB. Kerugian akibat kebakaran itu hanya Rp 300.000, karena hanya pintu ruko yang mengalami kerusakan kecil.(bah/yuh) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar